You are currently viewing Tips Berhasil Proses VBAC
Image by pch.vector on Freepik

Tips Berhasil Proses VBAC

VBAC adalah Vaginal Birth After Caesarean atau persalinan normal setelah persalinan caesar. Jadi jika Moms pernah melakukan persalinan secara Caesar, tetap ada harapan untuk melakukan persalinan normal kok. Namun ada beberapa persyaratan dan tips untuk berhasil proses VBAC. Apa saja itu? Berikut Mom’s Baby coba jabarkan untuk Moms semua ya.

1. Atur jarak kehamilan

Untuk menghindari adanya masalah dengan bekas luka pada rahim, Moms perlu mengatur jarak kehamilan. Sebaiknya jaraknya minimal 18 bulan setelah persalinan sebelumnya.

2. Cari rumah sakit dan dokter pendukung VBAC

Provider persalinan atau rumah sakit dan dokter merupakan hal penting yang menentukan kesuksesan proses VBAC. Moms bisa browsing, menonton kisah sukses VBAC, serta tanya-tanya langsung ke beberapa provider ya.

3. Persiapkan Fisik

Fisik juga merupakan hal utama yang perlu Moms persiapkan. Mulai dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan kaya nutrisi. Moms juga perlu menjaga kenaikan berat badan Moms dan janin agar tidak berlebihan. Mulai sering olahraga dari trimester pertama untuk menguatkan badan dan otot pinggul. Serta melakukan latihan pernafasan, karena salah satu kunci persalinan adalah mengatur nafas.

4. Persiapkan Mental

Persiapan matang untuk mental juga sangat perlu ya Moms. Mulai dari awal kehamilan Moms harus percaya diri kalo bisa melakukan VBAC. Banyak-banyak sugesti dan afirmasi positif agar bisa melakukan persalinan normal dengan lancar, mudah, minim rasa sakit. Kalo perlu Moms bisa mengikuti kelas hypnobirthing yang bisa memberikan latihan berfikir positif untuk menghadapi persalinan.

5. Minta dukungan

Jangan ragu untuk minta dukungan dari support system yang kamu punya ya Moms. Sounding ke mereka bahwa kamu memilih untuk melakukan proses VBAC. Moms bisa ajak suami untuk mengikuti kelas-kelas yang mendukung persalinan VBAC, agar suami lebih teredukasi dan Moms pun bisa merasakan langsung dukungan suami. Moms juga bisa membayar jasa Doula atau pendamping persalinan jika memang butuh. Doula ini tidak hanya memberi semangat, tapi juga memberikan pijatan serta treatment-treatment khusus untuk para bumil.

Ingat ya Moms, tidak ada yang tidak mungkin. Percaya dan yakin kalo Moms pasti bisa dan jangan lupa cobain tips berhasil proses VBAC di atas ya. Mom’s Baby doain semua Moms yang memilih proses VBAC bisa berhasil, aamiin!-LDK

Tinggalkan Balasan