Ayah Harus Sering Gendong Anak Ya!

Memasuki dunia orangtua bagaikan memasuki dunia yang benar-benar baru. Sebagai orangtua baru kita harus banyak belajar hal baru dan berusaha lebih baik lagi demi Si Kecil. Tak hanya ibu yang berkewajiban untuk merawat sang anak, ayah pun harus ikut bekerjasama dalam pengasuhan anak. Salah satu hal tersimpel yang bisa ayah lakukan dalam pengasuhan ini adalah menggendong anak. Tidak hanya saat ibu sedang sibuk ya, baiknya ayah harus sering gendong anak secara rutin.

Ternyata menggendong anak ini banyak memberikan manfaatnya lho, berikut beberapa diantaranya:

1. Bonding ayah dan anak semakin kuat

Interaksi antara ayah dan anak yang terjadi saat proses menggendong membuat bonding atau ikatan emosionalnya semakin baik. Hal ini akan membuat anak merasa nyaman saat berdua saja bersama ayah. Yap walaupun anak sendiri, harus tetap membiasakan anak nyaman bersama kita Moms.

2. Menenangkan dan meningkatkan kualitas tidur Si Kecil

Kontak langsung dengan anak sedari bayi juga bisa menenangkan perasaan anak bahkan mengurangi stres. Apalagi pada saat menggendong terjadi sentuhan langsung seperti skin to skin. Kehangatan kulit ayah yang tersentuh anak bisa membuatnya tenang dan membantunya tidur lebih lelap.

3. Membuat IQ anak lebih tinggi

Poin yang satu ini bahkan sudah ada penelitiannya lho Moms. Menurut The University of New Jersey, anak yang sering berinteraksi dengan anaknya (termasuk menggendong) memiliki IQ yang lebih tinggi daripada yang tidak dekat dengan sang ayah.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh ayah mengirimkan antibodi melalui kulitnya ke anak sehingga membuat sistem kekebalan tubuh anak meningkat. Menakjubkan ya Moms, hanya dengan menggendong dan skin to skin dengan anak hal itu bisa terjadi.

5. Anak merasa lebih dicintai

Seringnya interaksi bersama ayah sedari kecil, akan membuat anak lebih merasa dicintai. Figur ayah yang sayang keluarga akan melekat kuat dalam pikirannya. Sehingga nanti setelah dewasa, anak laki-laki akan menjadi ayah yang sayang keluarga juga, dan anak perempuan  bisa mencari suami dengan figur yang baik seperti ayahnya.

Lalu, mungkin Moms bertanya-tanya, bagaimana cara agar ayah membiasakan gendong anak sedari kecil? 

Nah, menurut survey Persil Non-Bio and Comfort Pure, sekitar 60% ayah baru merasa khawatir ketika menggendong bayinya. Wah banyak juga ya Moms. Wajar saja, ayah pasti ragu saat akan menggendong anak karena melihat ukuran bayi yang sangat mungil. Oleh karena itu, solusinya adalah mengajak ayah mengikuti kelas persiapan kelahiran atau berbagai seminar untuk merawat anak. Dengan berbekal beberapa kelas tersebut, ayah bisa lebih paham dan mulai terbiasa untuk merawat anak sejak newborn. Sudah bisa menggendong, menggantikan popok, dan berbagai perawatan bayi lainnya.

Semoga ayah bisa selalu terlibat dalam pengasuhan anak ya, karena kunci dari parenting yang baik adalah kerjasama dari kedua orangtua.- LDK

Tinggalkan Balasan