You are currently viewing 5 Jenis Olahraga yang Memperlancar Persalinan

5 Jenis Olahraga yang Memperlancar Persalinan

Selama hamil Moms mungkin merasa lebih sulit bergerak dari biasanya. Karena kandungan yang semakin membesar dan postur tubuh berubah. Namun itu tidak menjadi alasan bagi Moms untuk tidak berolahraga. Justru ada beberapa jenis olahraga yang memperlancar persalinan dan baik untuk kesehatan Moms sendiri. 

Dilansir dari NHS, semakin aktif dan fit ibu hamil, semakin mudah bagi Moms beradaptasi dengan perubahan bentuk tubuh dan penambahan berat badan. Serta tentunya membantu proses persalinan. 

5 Jenis Olahraga yang Memperlancar Persalinan 

Moms tidak harus melakukan olahraga yang berat dengan durasi lama. Rutin berolahraga ringan selama 30 menit pun, Moms sudah bisa merasakan manfaatnya. Berikut ini tujuh jenis olahraga yang bermanfaat untuk memperlancar proses persalinan:

  • Berjalan Kaki

Berjalan kaki merupakan jenis olahraga paling mudah yang bisa Moms lakukan. Luangkan waktu 30 menit setiap pagi untuk berjalan di sekitar lingkungan rumah Moms. Jika Moms bekerja atau sedang ada kegiatan cobalah untuk berjalan sebentar di waktu istirahat. Berjalan ke halte bus atau pilih tempat parkir yang jauh agar Moms bisa jalan kaki sebentar. Intinya tetap luangkan waktu untuk jalan kaki ya Moms. 

Berjalan kaki akan membantu bayi bergerak menuju panggul. Jalan kaki menjelang waktu lahiran juga bisa bantu memicu kontraksi. Serta mampu meminimalisir rasa sakit saat proses persalinan. Ibu hamil yang rutin berjalan kaki diketahui mempunyai durasi persalinan lebih pendek, dibanding yang tidak berolahraga. 

  • Yoga

Sekarang ini Moms bisa menemukan kelas Yoga Hamil dengan mudah. Olahraga yoga memang bagus untuk kehamilan. Karena dengan melakukan yoga Moms belajar cara mengatur nafas yang akan sangat berguna selama persalinan nanti. Teknik menarik nafas yang dalam juga dapat membuat jalan lahir lebih melebar. 

Bukan hanya teknik pernapasan yang dilatih, stamina fisik Moms juga jadi lebih kuat. Selain itu, yoga membantu Moms lebih rileks dan tenang, sehingga Moms bisa tidur lebih nyenyak. Hal itu karena Yoga adalah olahraga yang memiliki elemen meditasi.

  • Berenang

Moms tahu gak kalau berenang merupakan jenis aktivitas fisik yang minim cedera. Berenang juga termasuk jenis olahraga yang memperlancar persalinan. Bermanfaat untuk melatih pernapasan dan bisa mengencangkan otot-otot tubuh. Namun Moms gak akan merasa kesakitan, karena air akan menopang berat badan Moms dan menghilangkan tekanan yang ada di persendian serta punggung. 

Baca juga : Olahraga yang Baik untuk Balita 

Berenang juga akan membuat Moms lebih rileks. Siapa sih yang gak suka main air? Pastikan Moms memakai pakaian atau baju renang yang nyaman. Tidak terlalu ketat agar Moms bisa bergerak dengan lebih leluasa. 

  • Pilates 

Sama seperti Yoga olahraga Pilates juga bermanfaat untuk menguatkan otot-otot dan mengencang tubuh. Serta melatih Moms cara mengatur napas dengan baik. Ikuti kelas pilates khusus untuk ibu hamil, supaya Moms mendapatkan latihan yang bisa menguatkan otot dasar panggul. Bagian tubuh yang akan mendapatkan tekanan selama hamil dan melahirkan nanti.

Bila Moms sudah pernah mengikuti kelas pilates sebelumnya, pastikan untuk memberitahu instruktur bahwa Moms sedang mengandung. Namun jika Moms belum pernah melakukan pilates atau masih di trimester pertama kehamilan, konsultasikan dulu ke bidan atau dokter kandungan. 

  • Workout

Moms bisa tetap berolahraga di rumah dengan melakukan sejumlah workout. Ada beberapa gerakan yang bagus untuk kehamilan dan persalinan. Misalnya melakukan gerakan butterfly pose, mengangkat panggul, melakukan deep squad, dan duduk di atas bola gym. 

Moms tidak perlu melakukan workout yang berat untuk mendapatkan manfaat. Lakukan gerakan ringan, minim risiko, dan dengan gerakan perlahan. Pastikan Moms melakukan pemanasan sebelum mulai berolahraga dan pendinginan setelahnya. Hal ini berlaku juga untuk jenis olahraga lainnya. 

Selain mempersiapkan badan tetap fit dengan melakukan olahraga yang memperlancar persalinan, Moms juga perlu menyiapkan perlengkapan Si Kecil. Tidak perlu panik walau HPL semakin dekat, karena Moms bisa dapatkan semua perlengkapan Moms dan Si Kecil di Mom’s Baby. Mulai dari Tas Bayi Besar, Baby Blanket, dan Kasur Bayi. Temukan koleksi perlengkapan bayi dengan seri-seri menarik dari Mom’s Baby di official store e-commerce. 

~NJ

Tinggalkan Balasan