You are currently viewing Nutrisi yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak Si Kecil
https://www.freepik.com/free-photo/top-view-foodstuff-arrangement_21528909.htm#query=nutrition&position=1&from_view=search&track=sph

Nutrisi yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak Si Kecil

Sebagai salah satu organ terpenting, otak harus kita jaga kesehatannya dengan berbagai hal seperti istirahat yang optimal, melakukan aktivitas fisik, dan mengonsumsi nutrisi yang tepat unutk Meningkatkan kecerdasan otak si kecil.

5 Nutrisi yang Dapat Meningkatkan kecerdasan otak

Zat Besi

Zat besi merupakan nutrisi yang mendukung perkembangan dan kecerdasan otak, terutama pada anak-anak. Itu karena zat besi dapat membentuk sel darah merah yang membawa oksigen dan nutrisi ke otak. Ketika oksigen yang sampai ke otak dapat memaksimalkan, maka fungsi otak juga berjalan dengan lancar. Zat besi terdapat pada makanan berupa nasi, biji-bijian utuh, kacang-kacangan, daging merah dan biji-bijian. Manfaat zat besi lainnya antara lain memperlancar proses metabolisme dan pembentukan hormon.

Omega-3 dan Omega-6

Omega-3 dan Omega-6 memiliki bentuk lain, AA dan DHA, yang mungkin berperan aktif dalam kesehatan otak.  juga dapat meningkatkan kecerdasan otak pada anak. Makanan yang mengandung kedua nutrisi ini antara lain salmon, mackerel, dan sarden. Kedelai, almond, dan kacang mete juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6.

Vitamin B-12

B12 ini juga biasanya sebagai nutrisi yang berperan aktif dalam kesehatan otak. Vitamin yang memiliki nama lain cobalamin ini berperan dalam perkembangan otak anak menjadi lebih cerdas.  membentuk materi genetik seperti DNA dan RNA, yang berperan dalam perkembangan otak. Kandungan Vitamin B-12 berada dalam telur, tempe, susu kedelai, keju, dan biji-bijian. Selain itu, vitamin B-12 juga membantu dalam pembentukan sel darah merah, sehingga jika kekurangan vitamin B-12 dapat terjadi anemia.

Baca Juga :Tips Agar Tidak Mabuk Kendaraan

Folat

Asam folat adalah bentuk lain dari vitamin B9 yang hanya terdapat dalam makanan. Folat membentuk DNA dan memperkuat sistem saraf otak sehingga otak dapat melakukan tugasnya dengan optimal. Folat ditemukan dalam makanan nabati seperti brokoli dan bayam. Atau bisa juga pada daging ayam, hati sapi, tempe dan biji-bijian.

Kolin

Kolin berperan aktif dalam meningkatkan fungsi otak, terutama pada anak-anak. Fungsi kolin lainnya adalah meningkatkan sinyal saraf pada otak manusia. Saat sinyal saraf dibiarkan berfungsi dengan lancar, kemampuan berpikir di otak juga bisa meningkat. Kandungan kolin berada dalam ayam, daging, susu, dan salmon.

 

Tinggalkan Balasan