You are currently viewing Tips Agar Anak Duduk Dengan Tenang Saat Makan

Tips Agar Anak Duduk Dengan Tenang Saat Makan

Bayi mulai mengenal makanan padat di usia 6 bulan. Pada masa ini pula, sebaiknya moms mulai mengenalkan cara makan yang baik kepada anak, yaitu sambil duduk. Selain ibu tidak perlu lelah menggendong, si kecil juga bisa lebih fokus makan. Namun yang sering terjadi, bayi sulit duduk tenang saat makan. Untuk mengatasinya, moms bisa mencoba beberapa 5 tips berikut ini :

  1. Pilih high chair yang nyaman digunakan si kecil

Hal utama yang bisa membuat si kecil tetap betah duduk saat makan adalah kenyamanan kursi yang dia tempati. Untuk itu, pilih high chair yang dilengkapi bantalan empuk dan sandaran yang cukup tinggi. Pastikan juga si kecil akan aman saat duduk sehingga pilih kursi dengan desain dan material yang kokoh agar bisa menahan beban bayi.

Jika ingin memastikan high chair tersebut nyaman digunakan, sebaiknya moms mengajak si kecil untuk mencobanya sebelum membeli. Bila si kecil terlihat nyaman, high chair tersebut bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kursi makannya setiap hari.

  1. Duduk dan ikut makan bersama si kecil

Bayi merupakan peniru yang cepat. Saat si kecil makan di high chair-nya, duduklah di sebelahnya sambil makan sesuatu juga. Dengan begitu, bayi bisa memahami bahwa makan memang identik dengan duduk. Akan jauh lebih baik lagi jika ada waktu makan yang bersamaan dengan seluruh anggota keluarga.

Si kecil jadi bisa diperkenalkan dengan kebiasaan makan bersama sejak dini. Dia pun bisa mulai berlatih untuk makan sendiri. Namun jika terlalu banyak makanan yang justru terbuang, tetap bantu dengan menyuapinya.

  1. Pilih peralatan makan yang menarik untuk si kecil

Bayi akan merasa tidak bebas bergerak jika duduk dalam waktu cukup lama. Itu sebabnya, bantu si kecil  menjadi akrab dengan high chair-nya dengan memilih peralatan makan yang menarik.

Saat si kecil menggunakan alat makan yang menarik, dia akan menganggap waktu makan sangat menyenangkan dan betah untuk duduk lama di high chair. Jika bayi masih disuapi, ibu bisa meletakkan mainan untuk membuatnya betah duduk selama makan.

  1. Jangan jadikan makan sambil duduk seperti sebuah hukuman

Butuh kesabaran untuk membuat bayi betah duduk lama di high chair. Awalnya, mungkin bayi akan rewel dan malah menolak untuk makan. Jika itu terjadi, hindari memarahinya, apalagi terus memaksanya duduk untuk makan. Hal ini malah akan membuat si kecil merasa high chair adalah tempat yang penuh tekanan.

Sebaliknya, selalu buat suasana ceria saat si kecil mulai duduk dan bersiap makan. Jangan lupa juga untuk memberikan pujian jika dia berhasil menyelesaikan makannya sambil duduk disertai ciuman dan belaian lembut di kepalanya.

  1. Langsung turunkan si kecil dari high chair setelah selesai makan

Supaya si kecil paham bahwa high chair adalah tempatnya untuk makan, sebaiknya ibu menghindari mendudukkannya di luar jam makan. Yang selama ini sering terjadi, para ibu sengaja mendudukkan bayi di high chair agar tidak mondar-mandir sehingga ibu bisa tenang menyelesaikan pekerjaan rumah tangga.

Kebiasaan ini malah akan membuat bayi sudah bosan duduk saat makan dan akhirnya rewel. Karena itu, biasakan menjadikan high chair hanya sebagai tempatnya untuk makan dengan langsung menurunkan si kecil setelah makanannya habis.

Untuk membiasakan bayi duduk saat makan memang memerlukan waktu yang tidak sebentar. Cobalah berkali-kali mendudukan bayi di dalam high chair. Ini supaya bayi menjadi tahu kalau hal tersebut adalah kebiasaan.

Tinggalkan Balasan